TRANSFORMASI PRODUK DAN ANALISIS PERSEPSI PENGGUNA PRODUK JASA, STUDI KASUS PADA LAYANAN RASYIIDU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui transformasi produk pada layanan Rasyiidu dan persepsi pengguna dari layanan Rasyiidu yang berbasis semi-online dan paperless. Layanan Rasyiidu adalah suatu produk jasa penyelenggaraan ujian try out untuk siswa SLTA tingkat akhir yang akan melakukan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Layanan Rasyiidu yang sebelum 2018 dilakukan secara offline dan paper based dirubah menjadi semi-online dan paperless. Transformasi produk ini dilakukan dengan tujuan dapat memberikan layanan try out yang lebih memuaskan serta dapat menjangkau pengguna yang lebih banyak dan lebih mendekatkan pada model pelaksanaan UNBK yang sesungguhnya. Penelitian dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif berdasarkan persepsi dari pengguna layanan Rasyiidu yang terdiri dari Siswa, Guru dan Kepala Sekolah. Pengambilan datanya dilakukan dengan wawancara dan menyebarkan quisioner serta pengambilan data langsung. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa transformasi produk dapat dilakukan pada layanan Rasyiidu yang semula offline dan paperbased menjadi semi-online dan paperless dengan fitur yang mirip dengan UNBK. Berdasarkan persepsi dari pengguna, diketahui bahwa para pengguna menunjukkan kepuasan dengan menggunakan layanan Rasyiidu, hal ini ditunjukkan dengan repeat order yang mencapai 93%.
Full Text:
PDFReferences
Basu Swastha & Irawan, 2005. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty, Yogyakarta.
Philip Kotler, 2002. Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2, PT Prenhallindo, Jakarta
Fandy Tjiptono, 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Andi Offset, Yogyakarta.
Bimo, Walgito, 2004. Pengantar Psikologi Umum, Andi, Jakarta.
Sunaryo, 2004. Psikologi Untuk Pendidikan. Jakarta: EGC.
Kuswandi, 2004. Cara mengukur Kepuasan Karyawan, Elex Media, Jakarta
Basu Swastha, Dharmesta dan Irawan, (2008). Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.
Azwar, S. (2005). Sikap Manusia : Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Mifta Toha. 2003. Birokrasi dan Politik di Indonesia. Rajwali press: Jakarta
Puspendik Balitbang kemdikbud. 2014. Survey Internasional TIMSS. Diakses pada tanggal 27 Agustus 2020
Alireza B.K. 2016. Factor affecting the implementation of Business Process Reengineering: Taking Into Account the Moderating Role of Organizational Culture (Case Study: Iran Air). Procedia Economics and Finance: 425-432
Rob Wherrett, 2020. Explaining Business Transformation. Diakses pada tanggal 27 Agustus 2020
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN : 2746-4954