IMPLEMENTASI BMC DENGAN METODE DESIGN THINKING DALAM MENGHADAPI COVID-19 DI IKM PATI
Abstract
Perekonomian Indonesia mengalami penurunan, akibat dampak Covid-19. Beberapa permasalahannya telah muncul sebagai berikut: Customer Segmen telah berubah dikarenakan kebutuhan pokok dan kesehatan paling utama, Value Proposition yang dibutuhkan adalah produk yang mampu menangkal Covid-19 atau tidak mudah dihinggapi Covid-19, Key Relationship sangat dibutuhkan untuk mengetahui kebutuhan dan kondisi customer, Channel paling tepat adalah komunikasi melalui media online, dan sebagainya. Salah satu yang dibahas peneliti adalah membuat Model Bisnis Canvas dengan metode Design Thinking yang mudah dipahami oleh pelaku IKM dan memberikan solusi atas permasalahan IKM yang sesuai bidang usahanya dan mampu membuat produk yang dapat diterima oleh masyarakat serta memberikan kepercayaan kepada masyarakat bahwa produk bebas covid-19. Manfaat dalam penelitian ini adalah memberikan rekomendasi kepada pelaku IKM untuk mengimplementasikan produk produk IKM, mengetahui kondisi usahanya, sehingga mampu bertahan dan bahkan meningkatkan penjualan di masa pandemi Covid-19. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti membuat Bisnis Model Canvas dengan metode Design Thinking untuk memberikan solusi yang terbaik dalam menciptakan produk dan dapat diterima oleh masyarakat.
Full Text:
PDFReferences
Johnson, E. A. J. (2012) ‘Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers by Alexander Osterwalder and Yves Pigneur. Hoboken, NJ: John Wiley & Sons, 2010. 281 + iv pages. US$34.95.’, Journal of Product Innovation Management, 29(6), pp. 1099–1100. doi: 10.1111/j.1540-5885.2012.00977_2.x.
Peraturan Menteri Perindustrian Republik Indonesia (2016) ‘Permenperin_No_64_2016.pdf’, pp. 1–6.
Pertanian, F. et al. (2020) ‘, Hety Handayani Hidayat 2 1’, 6(2), pp. 114–121.
Rosita, R. (2020) ‘Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm Di Indonesia’, Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), p. 109. doi: 10.34127/jrlab.v9i2.380.
Saputra, T. (2016) ‘Implementasi Design Thinking dalam Membangun Inovasi Model Bisnis Perusahaan Percetakan’, Agora, 4(1), pp. 833–844.
Osterwalder A, Pigneur Y. 2010. Business Model Generation. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
Kim WC, Mauborgne R. 2005. Blue Ocean Strategy: How to Create Uncontested Market Space and Make the Competition Irrelevant. Boston: Harvard Business School Press
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN : 2746-4954