IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING PADA UKM

Defri Muhammad Rizky, Ismail Hakim, Ahmad Fauzi, Intan Setyawati, Ari Ristanto

Abstract


Pemasaran digital merupakan alternatif bagi usaha kecil dan menengah (UKM) dengan anggaran promosi yang terbatas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan strategi pemasaran digital pada 4 UKM yang sudah online dan implementasinya pada keunggulan bersaing UKM tersebut berdasarkan persepsi konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif jumlah anggota populasi sebanyak 40 konsumen dari 4 UKM. Hasil yang dapat disimpulkan adalah keuntungan UKM dalam memasarkan produknya secara digital sebesar 78% dan sisanya sebesar 22% disebabkan karena faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti kapabilitas permodalan, pasokan sumberdaya, dan profesionalitas manajerial.


Full Text:

PDF

References


Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. 2015. Profil Pengguna Internet Indonesia 2014. [Online]. Tersedia pada http://www.apjii.or.id. [Diakses 23 Desember 2020]

Delloitte Access Economics. 2014. UKM Pemicu Kemajuan Indonesia: Instrumen Pertumbuhan Nusantara. Delloitte Access Economics. Sydney.

Juju, Dominikus, Sulianta. 2010. Branding Promotion with Social Network. Jakarta: Elex Media. Maharani, M., Ali, A.H.N., dan Astuti, H.M. 2012. Faktor-Faktor Pengaruh Media Sosial Terhadap Keunggulan Bersaing: Studi Kasus Coffee Toffee Indonesia. Jurnal Teknik POMITS. 1(1). 1-6.

Riduwan. 2012. Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rosli, M.M. (2012), “Competitive Strategy of Malaysian Small and Medium Enterprises: An Exploratory Investigation. American International Journal of Contemporary Research. 2(1). 93-105.

Sanjaya, R., dan Tarigan, J. 2009. Creative Digital Marketing: Teknologi Berbiaya Murah, Inovatif, dan Berdaya Hasil Gemilang. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sekaran, Uma. 2010. Reserach Methods for Business. Southern Gate: Wiley and Sons.

Siswanto, T. 2013. Optimalisasi Sosial Media Sebagai Media Pemasaran Usaha Kecil Menengah. Jurnal Liquidity. 2(1). 80-86.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Taneja, S., & Toombs, L. 2014. Putting A Face on Small Business: Visibility, Viability, and Sustainability The Impact of Social Media on Small Business Marketing. Academy of Marketing Studies Journal. 18(1). 217-227


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN : 2746-4954