ANALISIS STRATEGI MARKETING BERDASARKAN SEGMEN RUMAH SAKIT

Jeki Pornomo, Irma Febri Mustika

Abstract


Strategi marketing berdasarkan segmen rumah sakit merupakan salah satu bagian dari strategi pemasaran modern STP (Segmenting, Targeting dan Positioning) yang berfungsi untuk menangkap peluang pasar, sehingga rumah sakit mampu menyajikan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Ada tren yang fluktuatif terkait dengan jumlah kunjungan pasien di RS X, sehingga perlu merumuskan STP yang tepat dalam untuk meningkatkan kunjungan rawat inap dan rawat jalan dan mencapai standar indikator pelayanan rawat inap. Tujuan : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran RS X berbasis segmen rumah skit. Metode: Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan tentang suatu keadaan secara objektif, untuk memecahkan permasalahan yang sedang dihadapi. Kuncinya Informan dalam penelitian ini adalah Direktur Umum dan Pemasaran manajer rumah sakit, dan informan triangulasi dalam hal ini studi adalah petugas medis dan pasien. Hasil: Hasil penelitian mengungkapkan bahwa segmentasi didasarkan pada demografi dengan perempuan atau ibu rumah tangga dengan tingkat pendidikan menengah atau lebih rendah sebagai jumlah pengguna jasa terbanyak. Berdasarkan geografis karakteristik, sejumlah besar pengguna layanan adalah mereka yang hidup di Ring 1, area dalam radius 0-10 km dari rumah sakit. Penargetan telah dilakukan dengan baik dilihat dari jumlah pasien yang mencapai 6.500 pengguna layanan dalam setahun. Penentuan posisi adalah Terkait dengan ketersediaan ahli bedah, operasi yang relatif singkat durasi, dan pelayanan yang baik, ramah, dan rapi yang membuat pasien merasa seperti mereka dirawat oleh keluarga mereka sendiri Kesimpulan: Segmen pasar, penargetan, dan penentuan posisi bagus, tetapi tidak cukup terpenuhi. RS X harus evaluasi masyarakat tanggapan mengenai apa yang dibutuhkan untuk memenuhi komunitas sasaran

Full Text:

PDF

References


Wahyuni, Ni Putu Sri. 2019. Product Analysis of Hospital Services in Wangaya. Denpasar Hospital Based on STP (Segmenting, Targeting, Positioning) and 4 P (Product, Price, Place, Promotion). ARSI. Vol 6. No 1.

Asamrew N, Endris AA, Tadesse M. Level of Patient Satisfaction with Inpatient Services and Its Determinants: A Study of a Specialized Hospital in Ethiopia. J Environ Public Health. 2020 Aug 13;2020:2473469. doi: 10.1155/2020/2473469. PMID: 32855641; PMCID: PMC7443030.

Elrod, J.K., Fortenberry, J.L. Target Marketing in the Health Services Industry: The Value of Journeying Off the Beaten Path. BMC Health Serv Res 18 (Suppl 3), 923 (2018). https://doi.org/10.1186/s12913-018-3678-5

Schwartz, Lisa M.; Woloshin, Steven. Medical Marketing in the United States,

-2016. Jama, 2019, 321.1: 80-96.https://doi.org/10.1001/jama.2018.19320

Dada, Olaniyi; Ajayi, Oluseyi; Soares, Folarin. Effect of Segmentation Staragies on Health Care Delivery in Oyo State Private Hospitals. Global Management Review, 2019, 13.1: 53-65.https://doi.org/10.37745/ijphpp.15/vol7no2pp.9-18

Dafny, Leemore; HO, Kate; LEE, Robin S. The Price Effects of Cross‐Market Mergers: Theory and Evidence From the Hospital Industry. The RAND Journal of Economics, 2019, 50.2: 286-325. https://doi.org/10.1111/1756-2171.12270

Gavens L, Whiteley L, Belencsak A, Careless J, Devine S, Richmond N, Muirhead A. Market Segmentation Tools Provide Insights into Demographic Variations in Bowel Cancer Screening Uptake. J Epidemiol Community Health. 2019 Aug;73(8):778-785. doi: 10.1136/jech-2018-211085. Epub 2019 May 25. PMID: 31129565.

Meng MD, Olsen MC. Market Segmentation Strategies Can Be Used to Overcome COVID-19 Vaccine Hesitancy and Other Health Crises. J Consum Aff. 2022 Summer;56(2):957-968. doi: 10.1111/joca.12421. Epub 2021 Nov 5. PMID:34908577; PMCID: PMC8661630.

Wei, Jo Ting, et al. The Application of Data Mining and RFM Model in Market Segmentation of A Veterinary Hospital. Journal of Statistics and Management Systems, 2019, 22.6: 1049-1065. https://doi.org/10.1080/09720510.201.1565445

Crowley K, Dugas M, Gao GG, Burn L, Igumbor K, Njapha D, Piper J, Veronese F, Agarwal R. Market Segmentation of South African Adolescent Girls and Young Women to Inform HIV Prevention Product Marketing Strategy: A Mixed Methods Study. Health Mark Q. 2022 Apr-Jun;39(2):159-172.doi: 10.1080/07359683.2021.2007587.Epub 2021 Dec 13. PMID: 34895110.

Swenson ER, Bastian ND, Nembhard HB. Healthcare Market Segmentation and Data Mining: A Systematic Review. Health Mark Q. 2018 Jul-Sep;35(3):186-208. doi: 10.1080/07359683.2018.1514734. Epub 2018 Nov 23. PMID: 30470165.

Klag M, Ouellette-Kuntz H. Market Segmentation as a Tool to Inform Health and Social Services Policy and Planning: The Case of Autism Spectrum Disorder and Intellectual Disability. Healthc Q. 2018 Jul;21(2):41-47. doi: 10.12927/hcq.2018.25623. PMID: 30474591

Kusumastit, Anisa Ramadhan, Nofita Dwi Harjayanti, Tita Hariyanti. 2017. Analisa Segmentasi Pasar Rumah Sakit X. JMMR (Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit), 6 (2): 130-139, Juli 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.