EVALUASI MANAJEMEN CENTRAL STERILE SUPPLY DEPARTEMENT (CSSD) DI RUMAH SAKIT

Irma Febri Mustika

Abstract


Latar Belakang : Rumah sakit sebagai institusi penyedia pelayanan kesehatan yang mengutamakan keselamatan pasien dan petugas selalu berupaya untuk mencegah terjadinya resiko infeksi rumah sakit. Untuk mencapai keberhasilan tersebut maka perlu dilakukan pengendalian infeksi di Rumah Sakit  dengan cara melakukan sterilisasi pada alat atau bahan tertentu yang bertujuan untuk menghancurkan semua bentuk kehidupan mikroba termasuk endospora dan dapat dilakukan dengan proses kimia atau fisika di Central Sterile Supply Departement (CSSD). Central Steril Supply Departement (CSSD) merupakan salah satu unit pengelola alat kesehatan dan linen steril pada fase akhir di rumah sakit, sehingga CSSD merupakan ujung tombak terjaminnya sterilitas alat kesehatan. Tujuan : Untuk mengevaluasi manajemen CSSD RS Awal Bros Batam. Metode : Desain penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus digunakan untuk menggali informasi di instlasi pusat sterilisasi. Informan pada penelitian ini sebanyak 4 orang. Pengumpulan data dengan wawancara mendalam, daftar tilik, observasi, serta telusur dokumen. Hasil Dan Pembahasan : Perencanaan CSSD RS Awal Bros Batam sudah terencana dengan baik, Pengorganisasian CSSD belum tersusun secara maksimal, pelaksanaan terdiri dari penerimaan alat, pengemasan, pelabelan, pensterilan, pendistribusian dan penyimpan. Pengelolaan staf dan sarana fisik, sudah sesuai dengan pedoman dalam pengelolaan CSSD. Hambatan utama adalah dukungan dari manajemen yang masih kurang, kebutuhan jumlah SDM, dan fasilitas yang belum  memenuhi. Saran : Penambahan Jumlah SDM dan melengkapi fasilitas yang ada di CSSD RS Awal Bros perlu dilakukan oleh Manajemen RS Awal Bros Batam agar sterilisasi berjalan dengan lebih baik.


Full Text:

PDF

References


Bhaskaran, V.P., Satyashankar, P. and Desmond, D.S.S., 2002. Use of hospital—Accounting based cost studies to aid in better management of resources of CSSD in a large tertiary care. Teaching Hospital. Journal of Academy of Hospital Administration, 14, pp.15-18.

Bhaskaran, V.P., Satyashankar, P. and Desmond, D.S.S., 2002. Use of hospital—Accounting based cost studies to aid in better management of resources of CSSD in a large tertiary care. Teaching Hospital. Journal of Academy of Hospital Administration, 14, pp.15-18.

Wijaya, A., Permana, I. 2016. Evaluasi Pengelolaan Instalasi Pusat Sterilisasi RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit II.Jurnal Asosiasi Dosen Muhammmadiyah Magister Administrasi Rumah Sakit Vol. 02, No. 02. Hal. 1-9.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia Tahun 2009 tentang Pedoman Instalasi Pusat Sterilisasi Di Rumah Sakit.

Herlambang, S., Murwani, A. 2012. Cara Mudah Memahami Manajemen Kesehatan dan Rumah Sakit. Yogyakarta: Gosyen publishing

Juliandi, W. 2014. Pengelolaan Instalasi Pusat Sterilisasi Di Rumah Sakit Pusat Pertamina Dan Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati Jakarta.Tesis.Falkultas Kedokteran, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Menteri Kesehatan. (2004). Persayaratan Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit . Jakarta : Menteri Kesehatan. 2.

Undang-Undang Republik Indonesia No 44 Tahun 2009, Tentang Rumah Sakit, 8 Juli 2009, Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 4301, Jakarta 3.

Adisasmito. (2008). Kesiapan rumah Sakit Dalam Menghadapi Globallisasi. Jakarta: Universitas Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.