KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBASIS BUDAYA LOKAL

Yoga Awalludin Nugraha, Septina Rahmawati, Dhina Cahya Rohim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model Pembelajaran Project Based Learning berbasis budaya lokal dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD di Gugus Sentana Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif yakni metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan pretest-posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini yaitu 30 siswa pada kelompok eksperimen dan 30 siswa pada kelompok kontrol. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat efektivitas pembelajaran menggunakan model PjBL bernuansa etnomatematika berbasis budaya lokal dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD di Gugus Sentana Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Nilai Sig. pada kelas eksperimen menunjukkan hasil sebesar 0.05 ≤ 0.05 artinya H0 ditolak, dengan kata lain bahwa hasil rata-rata posttest kemampuan berpikir kritis siswa secara klasikal telah mencapai KKM sehingga dapat dikatakan efektif. Mean kelas eksperimen menunjukkan hasil sebesar 84.50, sedangkan pada kelas kontrol menunjukkan hasil sebesar 70.39. Hasil menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis pada siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata kemampuan berpikir kritis pada siswa di kelas kontrol. Simpulan penelitian ini adalah Model Project Based Learning (PjBL) Berbasis Budaya Lokal efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD di Gugus Sentana Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus.


Full Text:

PDF

References


Anwar, F., Ruminiati., & Suharjo. (2017). Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Kearifan Lokal Dalam Membentuk Karakter Siswa. Prosiding TEP & PDS. 7 (9): 1005-1013.

Daniel, F. (2017). Kemampuan berpikir kritis siswa pada implementasi Project Based Learning (PJBL) berpendekatan saintifik. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 7-13.

Dunlosky, J. (2013). Improving Students’ Learning With Effective Learning Techniques: Promising Directions From Cognitive and Educational Psychology. Journal of Psicological Science. 14 (1): 4-58.

Effendy, M. (2018). Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa PGMI IAIN Ponorogo. Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan Cendekia. 15 (2): 305-318.

Ekoningtyas, M. (2013). Pengaruh Pembelajaran Think Pair Share dipadu Pola Pemberdayaan Berpikir melalui Pertanyaan terhadap Keterampilan Metakognitif, Berpikir Kreatif, Pemahaman Konsep IPA dan retensinya serta Sikap Sosial Siswa. Jurnal Pendidikan Sains. 1 (4): 332-342.

Falahudin, I. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Materi Pengelolaan Lingkungan di SMP Negeri 2 Tanjung Lago Kabupaten Banyuasin. Jurnal Bioilmi. 2 (2): 92-101.

Glynn, S.M. & Winter, L.K. (2004). Contextual Teaching and learning of Science in Elementary Schools. Journal of Elementary Science Education. 16(2): 51-63.

Haryadi, E., Andreas, P., & Amin, R. (2015). Desain Pembelajaran Literasi Sains Berbasis Problem Based Learning dalam Membentuk Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Unnes Journal of Innovative Science Education. 4 (2): 1-7.

Hendracipta., Syachruroji., & Hermawilda. (2017). Perbedaan Hasil belajar Siswa Antara yang Menggunakan Strategi Inkuiri dengan Strategi Ekspositori. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. 3 (1): 33-41.

Kristiyanto, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Project Based Learning (PJBL). Mimbar Ilmu, 25(1), 1-10.

Kurniasih. (2014). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jurnal Sosial. 2 (2): 14-21.

Kusno. (2014). Pendekatan Pembelajaran Kurikulum 2013 (Bidang Matematika/IPA). Jurnal Kependidikan. 2 (3): 45-53.

Martyanti, A., & Suhartini, S. (2018). Etnomatematika: Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Budaya Dan Matematika. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(1), 35-41.

Marzoan & Hamidi. (2017). Permainan Tradisional Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Untuk Meningkatkan Kompetensi Sosial Siswa. Journal An-nafs. 2 (1): 42-55.

Maudi, N. (2016). Implementasi Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(1), 39-43

Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2).

Nursahadah. (2019). Eksplorasi Etnomatematika pada Bangunan Candi Portibi. Jurnal MathEducation Nusantara. 2 (2): 120-126.

Rahayuni, G. (2016). Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis dan Literasi Sains pada Pembelajaran IPA Terpadu dengan Model PBM dan STM. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA. 2 (2): 131-146.

Sani, R.A. (2014). Model Pembelajaran PjBL bagi Siswa. Jurnal Kependidikan. 3(2): 1-12.

Sagung, O., Wayan, L., & Nyoman, N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Tanggung Jawab Belajar Dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar Selatan. E-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 4 (3): 1-12.

Setyowati, A. B, Subali., & Mosik. (2011). Implementasi Pendekatan Konflik Kognitif dalam Pembelajaran Fisika untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 7 (1): 89-96.

Sujarwo, B., Purwadi, S., & Ali, S. (2016). Pengaruh Implementasi Pendekatan Saintifik, keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Disiplin terhadap Penyelesaian Masalah Matematika SD. Journal of Primary Education. 5 (1): 21-26.

Sunandar, M. A., Zaenuri, Z., & Dwidayati, N. K. (2018). Mathematical Mathematical Problem Solving Ability Of Vocational School Students On Problem Based Learning Model Nuanced Ethnomatematics Reviewed From Adversity Quotient. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 7(1), 1-8.

Wibowo, H. A. (2015). Kearifan Lokal Dalam Menjaga Lingkungan Hidup (Studi Kasus Masyarakat Di Desa Colo Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus). Journal of Educational Social Studies. 01(1): 25-30.

Widyatini, T. (2014). Penerapan Model Project Based Learning (Model Pembelajaran Berbasis Proyek ) dalam Materi Pola Bilangan Kelas VII. Jurnal Kependidikan. 3 (1): 12-17.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.