LITERASI KEUANGAN, SIKAP KEUANGAN DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP PERILAKU KEUANGAN DENGAN KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Nur Hayati, Panggah Prasetyo Budi

Abstract


Abstrak

Perilaku Keuangan merupakan dampak dari besarnya hasrat seseorang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sesuai dengan tingkat pendapatan yang diperoleh. Pentingnya Perilaku Keuangan demi keberlangsungan usaha dan memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Sebagai variabel independen yaitu; Literasi Keuangan, Sikap Keuangan dan Locus of Control, serta variabel intervening Kinerja Keuangan.

Populasi penelitian pada Pasar Tradisional yang berada di  Perumahan Tlogosari. Teknik pengumpulan data menggunakan purposive sampling, dengan jumlah sampel 113. Metode pengumpulan data dengan kuesioner dan wawancara. Teknik analisis menggunakan SEM dengan software AMOS 23.

Hasil analisis menunjukkan variabel Literasi Keuangan dan Sikap Keuangan tidak berpengaruh terhadap Perilaku Keuangan, sedangkan Locus of Control dan Kinerja Keuangan berpengaruh terhadap Perilaku Keuangan. Kinerja Keuangan sebagai variabel intervening dapat tergambar pada model struktural, karena nilai standardized indirect effect lebih kecil sehingga tidak dapat digunakan sebagai variabel intervening. Koefisien Determinasi sebesar 46% sehingga penelitian yang akan didatang disarankan mengganti variabel yang lebih berpengaruh terhadap Perilaku Keuangan.

 

Kata Kunci:   Perilaku Keuangan, Kinerja Keuangan, Literasi Keuangan, Sikap Keuangan dan Locus of Control


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.