Pengaruh Permainan Emo-Demo ATIKA (Ati, Telur, Ikan) Terhadap Pengetahuan, Sikap dan Tingkah laku Pencegahan Anemia Pada Ibu Hamil

Yanik Muyassaroh, Aulia Fatmayanti

Abstract


Salah satu masalah kesehatan masyarakat yang masih banyak terjadi di Indonesia khususnya pada ibu hamil adalah masalah anemia. Anemia dalam kehamilan berdampak membahayakan bagi ibu dan janin. Mengubah tingkah laku membutuhkan metode yang lebih dramatis daripada sekedar mengajari/memberi tahu. Demonstrasi sangat berguna karena orang sering merasa terpengaruhi oleh apa yang mereka lihat, apa yang mereka lakukan dan apa yang orang lain lakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah Menganalisis Pengaruh Model Behaviour Centered Design (BCD) Melalui Permainan Emo-Demo ATIKA SABU (Ati, Telur, Ikan, Sayur dan Buah) Terhadap Pengetahuan, Sikap dan Tingkah laku Pencegahan Anemia Pada Ibu Hamil. Metode Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental research dengan 1 kelompok kontrol dan 1 kelompok perlakuan. Jumlah sampel 60 ibu hamil yang yang masing-masing setiap kelompok terdiri dari 30 orang, berdasarkan criteria ekslusi dan inklusi. Pengolahan data menggunakan uji mann-whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan peningkatan skor rata-rata pengetahuan, sikap dan tingkah laku ibu hamil setelah diberikan edukasi pencegahan anemia pada kelompok emo demo dengan kelompok kontrol adalah pengetahuan sikap dan tingkah laku . Hasil uji statistik pengetahuan dengan nilai p-value = 0,0001 sikap dengan nilai p-value = 0,0001 dan tingkah laku dengan p value = 0,0001. Kesimpulan dalam penelitian ini ada perbedaan yang signifikan antara kelompok emo demo dengan kelompok kontrol setelah diberi edukasi. Diharapkan agar diadakan pelatihan edukasi kesehatan menggunakan media Emo Demo untuk ibu hamil dalam meningkatkan pengetahuan, sikap dan tingkah laku tentang anemia dan salah satu upaya untuk menurunkan kejadian anemia pada ibu hamil.

Kata Kunci : Emo Demo, Anemia, Pengetahuan, Sikap, Tingkah laku

 


Full Text:

PDF

References


Amareta, D. I., & Ardianto, E. T. (2017). Peningkatan Praktik Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Anak Usia Sekolah Dengan Metoda Emo Demo. Sanitasi: Jurnal Kesehatan Lingkungan, 9(2), 88-93.

Astuti Dan Ertiana. 2018. Anemia Dalam Kehamilan. Jember: Pustaka Abadhi

Claudia, R. C. L., Nur, H., & Idi, S. (2019). Penggunaan Metode Emo Demo Terhadap Pengetahuan Kurang Energi Kronis (Kek) Ibu Hamil Di Puskesmas Godean 1 (Doctoral Dissertation, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta).

Erikson, Erick, H.1968. Identity, Youth, and Crisis. International University Press. NewYork

Falaach, M. F., Ningtyas, F. W., Astuti, N. F. W., & Adi, D. I. (2020). Peningkatan Kesadaran Kebutuhan Gizi Ibu Hamil Sebagai Tindakan Pencegahan Stunting Melalui Modul Emotional-Demonstration (Emo-Demo). BULETIN AL-RIBAATH, 17(2), 48-53.

GAIN Dan Kementerian Kesehatan. 2014. Modul Emo-Demo. GAIN Dan Kementerian Kesehatan

Howard H., Kendler, Basic Psychology (Philipines: Benyamin/Cummings, 1974)

Hudrul, H. (2019). Pengaruh Edukasi Gizi Menggunakan Media Emo Demo Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Ibu Hamil Terkait Anemia Di Puskesmas Sungai Lasi Kabupaten Solok Tahun 2019 (Doctoral Dissertation, Universitas Andalas).

London School Of Hygiene & Tropical Medicine, GAIN . 2016. Description Of Emo-Demo Activities. London School Of Hygiene & Tropical Medicine

Menon, R. K. (2018, December). Sustaining Innovations Community Health Outpost (Posyandu)–Lessons Learnt. In ICCD (Vol. 1, No. 1, Pp. 384-391).

Ni Wayan, P. D. (2019). Perubahan Pengetahuan Dan Sikap Tentang Gizi Seimbang Setelah Penyuluhan Dengan Metode Emo Demopada Siswa Smp Negeri 2 Kuta Utara (Doctoral Dissertation, Poltekkes Denpasar).

Notoatmodjo, Soekidjo. 2007. Promosi Kesehatan Dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.

Stephen P.,Robbins, Timothy A. Judge. 2015. Manajemen. Jakarta: Salemba Empat

Sunaryo. 2004. Psychology For Treatment. Jakarta: EGC

Walgito, Bimo. 2011.Teori-Teori Psikologi Sosial. Yogyakarta : ANDI

Waryana. 2016. Promosi Kesehatan , Penyuluhan, Dan Pemberdayaan Masyarakat Untuk Dosen, Mahasiswa, Bidan, Perawat, Tenaga Kesehatan, Dan Umum.Yogyakarta: Nuha Medika.




DOI: https://doi.org/10.26751/jikk.v12i2.919

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Muhammadiyah Kudus
Jl. Ganesha Raya No. 1 Purwosari Kudus 59316
Tel/ Fax +62-291-437218   Email : lppm@umku.ac.id

Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan Indexed by:

                  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.