KECERDASAN EMOSIONAL SEBAGAI SALAH SATU DETERMINAN HASIL BELAJAR ASUHAN KEBIDANAN

Ni Ketut Erawati

Abstract


Kompetensi bidan yang utama adalah mampu mampu memberikan asuhan bagi kliennya baik sebagai individu, keluarga dan anggota masyarakat, namun hasil belajar mahasiswa dalam asuhan kebidanan khususnya asuhan komunitas masih lemah, kompleksnya materi pada mata kuliah ini menjadi penyebab rendahnya penguasaan mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah melihat hubungan antara kecerdasan emosional mahasiswa dengan hasil belajar Asuhan Komunitas.

Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif dengan rancangan korelasional yakni dengan melihat hubungan anatara kecerdasan emosional dengan hasil belajar Asuhan. Sampel penelitiannya adalah mahasiswa kebidanan semester IV yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan regresi linier.

Hasil penelitian menunjukkan  nilai korelasi (r) sebesar  0.127 dengan koefisien determinasi (R2) adalah 0.016.  Dari hasil temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan kecerdasan emosional dengan hasil belajar Asuhan Komunitas pada mahasiswa.

Kata Kunci: Kecerdasan emosional, Hasil Belajar, Asuhan Komunitas

 


Full Text:

PDF

References


Aunurrahman.2016. Belajar dan Pembelajaran. Cetakan Kesepuluh. Alfabeta. Bandung

Arikunto Suharsini. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Edisi revisi VI. Jakarta. Rineka Cipta

Budiargo P, Achmad Sopyan. 2015. Analisis Konsep Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Brain Based Learning Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional. Unnes Journal Of Mathematic Education Reasearch Vol.5 No.1 Tahun 2015. E-ISSN 2562-4507.p-ISSN 2252-6455

Dwi Karina,dkk. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kecerdasan Emosional Siswa SMP. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA Vol.4 Tahun 2014

Goleman Daniel. 2001. Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi. Alih Bahasa Alex Tri Kantjono Widodo.Working with Emotional Intelligence.PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Gottman, DeClaire.2003.Kiat-kiat Membesarkan Anak yang Memiliki Kecerdasan Emosional.Alih Bahasa T.Hermaya. The Heart of Parenting.Jakarta

Herlinda Deska, dkk.2018. Hubungan Kecerdasan Emosi Dengan Kemampuan Bersosialisasi Siswa di Lingkungan Sekolah Kelas VII SMP Negeri 3 Mukomuko. Consilia Jurnal Ilmiah BK. p-ISSN 2599-1221 e-ISSN 2620-5343 (Online). Volume 1 No 3 2018 : hal 50-58

Iskandar. 2009. Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Gaung Persada Press. Jakarta

Jihad Asep dan Abdul Haris.2013. Evaluasi Pembelajaran.Multi Pressindo. Jogjakarta

Junaedi Dani Indra. 2019. Keterkaitan Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar Pada Mahasiswa. Jurnal Kecerdasan Emosi terhadap Prestasi. November 2019

Kurniawan, Budi.dkk. 2017. Studi Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Pada Mata pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education. Vol.4. No 2 Desember 2017

Norila dan Ikhsan.2014. The Effects of Integrating Emotional Intelligence on Students Attitudes Toward Mathematics. International Journal of Asian Social Science. Vol.4 No.9.Hal. 966-976

Purwanto, Ngalim. 2017. Psikologi Pendidikan. Remaja Rosdakarya. Cetakan ke-28. Bandung

Shapiro Lawrence. 2003. Mengajarkan Emotional Intellegence Pada Anak. Alih Bahasa Alex Tri Kantjono.How To Raise A Child With A High EQ.1997.PT Gramedia. Jakarta

Soebyakto. 2012. An Empirical Testing of Intelligence Emotional and Spiritual Quotients Quality of Manager using Structural Equation Modeling. International Journal of Independent Researh And Studies. Vol.1.No.1. Hal. 1-12




DOI: https://doi.org/10.26751/jikk.v12i2.917

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Muhammadiyah Kudus
Jl. Ganesha Raya No. 1 Purwosari Kudus 59316
Tel/ Fax +62-291-437218   Email : lppm@umku.ac.id

Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan Indexed by:

                  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.