HUBUNGAN PENGETAHUAN PASIEN TENTANG PENGELOLAAN PENYAKIT DENGAN KESIAPAN MENGHADAPI SERANGAN BERULANG ASMA BRONCIAL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PARIAMAN

Ramaita ramaita

Abstract


Penyakit asma masih menjadi masalah kesehatan masyarakat di hampir semua negara di dunia, yang sebagian besar diderita oleh anak-anak sampai dewasa dengan derajat penyakit dari ringan sampai berat. Penyakit ini menyebabkan kehilangan hari kerja produktif, gangguan aktifitas sosial, bahkan beberapa kasus dapat menyebabkan kematian. Penyakit ini memerlukan pengetahuan dan kesiapan yang tepat dalam menghadapi serangan berulang sehingga mampu meningkatkan kualitas hidup pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui adanya hubungan antara pengetahuan pasien tentang pengelolaan penyakit dengan kesiapan menghadapi serangan berulang pada Asma Bronkial di Wilayah kerja Puskesmas Pariaman. Desain penelitian adalah descriptif analitikdengan pendekatan cross sectional dengan jumlah sampel yaitu 35 orang responden yang diambil dengan tehnik purposive sampling. Hasil: Hasil uji statistik dengan analisis Chi square diperoleh nilai p value 0,000 ≤ 0,05 berarti Ha diterima H0 ditolak yang berarti ada hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan pasien tentang pengelolaan penyakit dengan kesiapan menghadapi serangan berulang Asma bronchial. Pengetahuan tentang penyakit Asma Broncial dalam kesiapan menhadapi serangan asma berulang sangat penting, dimana tujuan utamanya adalah memberikan pengetahuan kepada pasien maupun keluarga tentang perubahan perilaku hidup sehat dengan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam menghadapi serangan berulang pada asma bronkial. Kepada pasien hendaknya lebih meningkatkan pengetahuan lagi tentang bagaimana pengelolaan penyakit asma bronkial, dan pada peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti faktor-faktor yang lain yang lebih mempengaruhi dalam melakukan pengelolaan serangan asma bronkial.

Penyakit asma masih menjadi masalah kesehatan masyarakat di hampir semua negara di dunia, yang sebagian besar diderita oleh anak-anak sampai dewasa dengan derajat penyakit dari ringan sampai berat. Penyakit ini menyebabkan kehilangan hari kerja produktif, gangguan aktifitas sosial, bahkan beberapa kasus dapat menyebabkan kematian. Penyakit ini memerlukan pengetahuan dan kesiapan yang tepat dalam menghadapi serangan berulang sehingga mampu meningkatkan kualitas hidup pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui adanya hubungan antara pengetahuan pasien tentang pengelolaan penyakit dengan kesiapan menghadapi serangan berulang pada Asma Bronkial di Wilayah kerja Puskesmas Pariaman. Desain penelitian adalah descriptif analitik dengan pendekatan cross sectional dengan jumlah sampel yaitu 35 orang responden yang diambil dengan tehnik purposive sampling. Hasil: Hasil uji statistik dengan analisis Chi square diperoleh nilai p value 0,000 ≤ 0,05 berarti Ha diterima H0 ditolak yang berarti ada hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan pasien tentang pengelolaan penyakit dengan kesiapan menghadapi serangan berulang Asma bronchial. Pengetahuan tentang penyakit Asma Broncial dalam kesiapan menhadapi serangan asma berulang sangat penting, dimana tujuan utamanya adalah memberikan pengetahuan kepada pasien maupun keluarga tentang perubahan perilaku hidup sehat dengan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam menghadapi serangan berulang pada asma bronkial. Kepada pasien hendaknya lebih meningkatkan pengetahuan lagi tentang bagaimana pengelolaan penyakit asma bronkial, dan pada peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti faktor-faktor yang lain yang lebih mempengaruhi dalam melakukan pengelolaan serangan asma bronkial.


Full Text:

PDF

References


Brunner & Suddard, 2012. Buku Ajar Keperawatan Medical Bedah Edisi 12. Jakarta : EGC

GINA, 2011. At A Glance Asthma Management Reference.

NCHS, 2016. Statistical Products And Reports : CDC

Notoatmodjo, 2003. Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta

Notoatmodjo, 2012. Promosi Kesehatan Masyarakat. Jakarta : EGC

Notoatmodjo, 2012. Metodologi Penelitian. Jakarta : EGC

Riskesda, 2018. Riset Kesehatan Dasar. Balitbang Kemenkes RI

Riyadi, Sujono & Sukarmin, 2009, Asuhan Keperawatan Pada Anak, Edisi 1, Yogyakarta : Graha Ilmu.

Siti Aspuah, 2013. Kumpulan Kuesioner Dan Instrumen Penelitian Kesehatan. Yogyakarta : Nuha Medika

Smeltzer, Suzanne C & Brenda G, 2001, Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah Brunner & Suddart Edisi 2, Jakarta : EGC.

The Global Asthma Report 2018. Global Asthma Report. New Zealand : 2019

WHO FactSheetonAsthma, https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/asthma

Yekti & Wulandari, 2013. Cara Jitu Mengatasi Asma. Yogyakarta : CV. Andi




DOI: https://doi.org/10.26751/jikk.v12i2.898

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Muhammadiyah Kudus
Jl. Ganesha Raya No. 1 Purwosari Kudus 59316
Tel/ Fax +62-291-437218   Email : lppm@umku.ac.id

Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan Indexed by:

                  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.