STRATEGI PROGRAM KESEHATAN PUSKESMAS DI SEKOLAH DASAR

Makmur Makmur, Treesia Sujana, Angkit Kinasih

Abstract


Usia anak merupakan usia yang rentan terhadap penyakit, kegiatan pelayanan kesehatan gigi dan mulut adalah Upaya Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS) yang merupakan upaya promotif dan preventif kesehatan gigi khususnya untuk anak Sekolah Dasar. Puskesmas memiliki program Promosi Kesehatan di Sekolah Dasar, dimana keberhasilan program ini terutama tergantung pada kemitraan antara instansi terkait, terutama Puskesmas dan Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan usaha kegiatan promosi kesehatan Puskesmas Getasan di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan dengan wawancara mendalam (in-depth interview) menggunakan pedoman wawancara. Penelitian ini dilakukan di daerah Puskesmas Getasan Kabupaten Semarang Kota Salatiga Provinsi Jawa Tengah pada bulan Januari sampai bulan Maret tahun 2017. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang yang didapat dengan menggunakan tehnik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisa data Miles dan Humberman. Hasil dari penelitian ini bahwa usaha kegiatan promosi kesehatan Puskesmas di Sekolah Dasar  sudah cukup baik dan sesuai dengan harapan tenaga kesehatan yang memberikan promosi kesehatan di Sekolah Dasar dengan fasilitas yang cukup dan dukungan antara orang tua dan petugas kesehatan sehingga kegiatan tersebut berjalan dengan baik dan berdampak positif bagi peningkatan kesehatan anak diusia Sekolah Dasar.


Full Text:

PDF

References


Menteri Kesehatan Republik Indonesia. 2014. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat. Diakses tanggal 19 Mei 2017 dari www. aidsindonesia.or.id.

Azwary Bayu. 2013. Peran Paramedis Dalam Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Di Puskesmas Pembantu Kampung Kasai Kecamatan Pulau Derawan Kabupaten Berau. ejournal Universitas Mulawarman. Samarinda.

WHO (World Health Organization). 2017. Health promotion. Diakses pada tanggal 19 Mei 2017 dari www.who.int.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2011. Promosi Kesehatan di Daerah Bermasalah Kesehatan. Diakses tanggal 19 Mei 2017 dari www.depkes.go.id.

Maulana, D.J. Heri. 2007. Promosi Kesehatan. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta.

PAMSIMAS. 2015. Promosi Kesehatan Sekolah. Diakses pada tanggal 26 November 2016.

Budiono, M. A., & Sulistyowati, M. (2013). Peran UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) dalam Penyampaian Informasi Kesehatan Reproduksi terhadap Siswa SMP Negeri X di Surabaya. Jurnal Promkes, 1(2).

TENGAH, P. J. PROFIL KESEHATAN PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2013.

Miles, B.B, dan A.M. Humberman. 1992. Analisa Data Kualitatif. UI Press Jakarta.

Moleong , lexy. J. 2004. Metode penelitian kualitatif.remaja rosdakarya. Bandung.

Saryono. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Bidang Kesehatan. Yogyakarta: Nuhe Medika.

Nurmasari, L. (2011). Peningkatan Kemampuan Menghitung Perkalian Melalui Metode Jarimatika Pada Siswa Kelas Ii Sd Negeri 3 Pringanom Sragen Tahun Pelajaran 2010/2011 (Doctoral Dissertation, Universitas Sebelas Maret).

Chasanah, N., & Supriani, A. (2016). Penerapan Metode Praktik untuk Meningkatkan Kemampuan Melaksanakan Promosi Kesehatan. Volume 2 No. 1 Maret 2016, 2(1).

Pertiwi Kartika Ratna. (2012). Pengembangan Model Pendidikan Kesehatan dalam Kurikulum Nasional Sekolah Dasar di Indonesia: Studi Penerapan Personal Social Health Education di Kurikulum Sekolah Dasar Inggris Raya. Jurnal Universitas Negri Yogyakarta.

Wiratama Rifki. (2017). Penggunaan Boneka Tangan dalam Peningkatan Perilaku Mencuci Tangan Pada Anak Di Code Utama Yogyakarta.

Sari, E. K., Ulfiana, E., & Dian, P. (2012). Pengaruh pendidikan kesehatan gosok gigi dengan metode permainan simulasi ular tangga terhadap perubahan pengetahuan, sikap, dan aplikasi tindakan gosok gigi anak usia sekolah di SD wilayah Paron Ngawi. Jurnal. Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga.

AJAR, BAHAN, and PENDIDIKAN PROFESI GURU PPG.(2010). "Media Pembelajaran Anak Usia Dini".

Benita, N. R., Dewantiningrum, J., & Maharani, N. (2012). Pengaruh penyuluhan terhadap tingkat pengetahuan kesehatan reproduksi pada remaja siswa SMP Kristen Gergaji (Doctoral dissertation, Fakultas Kedokteran).

Anggareni, N. W., Ristiati, N. P., & Widiyanti, N. L. P. M. (2013). Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA, 3(1).

Huzaimah, E. (2011). Impementasi fungsi manajemen pada layanan kesehatan cuma-cuma (LKC) Ciputat-Tangerang.

Pertiwi, D. 2016, & Parlindungan, D. R. Strategi Community Relations dalam Membentuk Perilaku Khalayak.




DOI: https://doi.org/10.26751/jikk.v8i2.301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Muhammadiyah Kudus
Jl. Ganesha Raya No. 1 Purwosari Kudus 59316
Tel/ Fax +62-291-437218   Email : lppm@umku.ac.id

Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan Indexed by:

                  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.