HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI MUTU PELAYANAN PENGOBATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI BALAI KESEHATAN KARYAWAN ROKOK KUDUS

Supardi Supardi

Abstract


Tujuan  umum  penelitian  ini  adalah  menganalisis hubungan antara  persepsi  mutu pelayanan  pengobatan  dengan  kepuasan  pasien  di Balai Kesehatan  Karyawan  Rokok Kudus (BKKRK),  Populasi  penelitian  adalah  pasien  rawat jalan di poli umum pengobatan pada  BKKRK  selama  bulan  April 2008 dengan  perhitungan rata-rata
jumlah pasien  poli umum  BKKRK buln  Januari  - Maret  2008 sebanyak  4.248 orang.   Jumlah perhitungan sampel ditentukan  dengan perhitungan menurut rumus Slovin 3 Berdasarkan  perhitungan  diketahui  bahwa besar  sampel adalah  100  responden. Data  dianalisis dengan analisis  bivariat dan multivariat.  hasil penelitian  dari  analisis Data menyimpulkam  sebagai berikut. persepsi  mutu pelayanan dokter  dengan cukup baik (37,0%), mulu  pelayanan  perawatan  dengan tidak  baik (41,0%),  mutu petugas administrasi  cukup baik (41.0%),  mutu  keadaan  lingkungan  tidak baik  (39,0%),  dan mutu  sarana  peralatan  dan obat  dengan tidak  baik (45,0%). Puas terhadap  pelayanan dokter  (69,0%),  perawat (7 4,0 %), petugas  administrasi  (69,0%), keadaan  lingkungan (77,0%), sarana  peralatan dan  obat  (84,0%), dan terhadap pelayanan  pengobatan  di BKKRK  (8I  ,0%). Terdapat  hubungan antara persepsi pasien  terhadap  mutu pelayanan dokter dengan  kepuasan  pasien  terhadap  pelayanan pengobatan  di BKKRK  (x2 = 8,913 % p = 0,012),  hubungan  antara persepsi  pasien terhadap  mutu  pelayanan  perawat  dengan kepuasan  pasien  terhadap  pelayanan pengobatan  di BKKRK (x2 = 10,409;  p = 0,005), hubungan  antara persepsi  pasien terhadap  mutu  pelayanan  petugas  administrasi  dengan kepuasan  pasien  terhadap  pelayanan  pengobatan  di BKKRK  (x2 = 8,647;  p = 0,013), hubungan  antara  persepsi  pasien terhadap  mutu  keadaan lingkungan  dengan  kepuasan pasien  terhadap  pelayanan  pengobatan  di BKKRK  (x2 = 9,390 ; p = 0,009 ), dan terdapat hubungan  antara perse psi pasien terhadap  mutu  sarana  peralatan  dan obat dengan
kepuasan  pasien  terhadap  pelayanan  pengobatan  di BKKRK  (x, = 12,045; p = 0,002) Kata  kunci  : persepesi  mutu, pelayanan  pengobatan,  kepuasan  pasien

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Muhammadiyah Kudus
Jl. Ganesha Raya No. 1 Purwosari Kudus 59316
Tel/ Fax +62-291-437218   Email : lppm@umku.ac.id

Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan Indexed by:

                  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.