PENGARUH TEHNIK RELAKSASI EFFLURAGE TERHADAP PENURUNAN NYERI PADA PASIEN POST APPENDICTOMY DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN KUDUS

Fitrianingrum Fitrianingrum, indanah indanah, Tri Suwarto

Abstract


Latar Belakang: Pengelolaan managemen nyeri dapat dilakukan dengan berbagai tehnik antara lain yaitu tehnik hipnotis, distraksi, imajinasi terbimbing dan tehnik relaksasi efflurage. Tehnik relaksasi efflurage merupakan tehnik relaksasi dengan melakukan masase daerah sekitar fokus nyeri yang terjadi sehingga otot-otot sekitar menjadi relaksasi. Dalam kondisi rileks tubuh juga menghentikan produksi hormon adrenalin dan semua hormon yang diperlukan saat kita stress dan nyeri. Karena hormon stres dan nyeri adrenalin diproduksi dari blok bangunan kimiawi yang sama, ketika kita mengurangi stres kita juga telah mengurangi produksi kedua hormon nyeri tersebut.

Tujuan penelitian: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tehnik relaksasi efflurage terhadap nyeri pada pasien post appendectomy di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Kudus.

Metode Penelitian: Metode dalam penelitian ini adalah quasy-eksperiment yang mempunyai tujuan mengungkapkan hubungan sebab akibat dengan cara melibatkan kelompok kontrol disamping kelompok eksperiment dengan populasi pasien post appendictomy di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Kudus pada bulan April - Oktober 2012 yang berjumlah 243 pasien dan besar sampel 46 responden. Adapun pengambilan sampel dengan tehnik accidental sampling.

Hasil Penelitian: Hasil analisis uji mann whitney didapatkan bahwa p value = 0,001 (p value            < a) maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti ada pengaruh tehnik relaksasi eflurage terhadap nyeri pada pasien post appendectomy di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Kudus.

Saran: Dengan penelitian ini diharapkan pasien malaksanakan manegemen nyeri dengan menggunakan tehnik relaksasi eflurage untuk mengurangi nyeri pasca operasi serta adanya kelanjutan penelitian mengenai manegemen nyeri dengan menggunaan metode tindakan keperawatan yang lebih baik dan sampel yang lebih proporsional.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Muhammadiyah Kudus
Jl. Ganesha Raya No. 1 Purwosari Kudus 59316
Tel/ Fax +62-291-437218   Email : lppm@umku.ac.id

Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan Indexed by:

                  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.