HUBUNGAN PENGETAHUAN REMAJA TENTANG KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DENGAN PERILAKU SEKSUAL KELAS XI DI SMA N 1 GEBOG KUDUS

Dwi Astuti, Sukasno Sukasno

Abstract


Pendahuluan : sex bebas adalah hubungan yang dilakukan dengan cara berganti-ganti pasangan tanpa menggunakan alat pengaman apapun sehingga menyebabkan kehamilan dikalangan remaja. Salah satu fakta perilaku remaja sexsual, hal ini di tambah dengan terbatasnya pengetahuan mereka tentang system reproduksi, sering kali menyebabkan kehamilan yang tidak di inginkan yang mengarah pada tindakan aborsi illegal, dan resiko PMS termasuk HIV/AIDS.

Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi di SMA N 1 GEBOG KUDUS.

Penelitian dilakukan pada bulan Mei Sampai Juli di SMA N 1 GEBOG KUDUS kelas XI dengan jumlah Populasi yang diambil sejumlah 35 responden.

Metode yang digunakan adalah penelitian korelasi analitik. Cara pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Teknik penghitungan dengan menggunakan bantuan SPSS12,0.

Hasil data yang diperoleh diketahui bahwa didapakan tingkat pengetahuan baik sebanyak pada remaja di SMA N 1 Gebog Kudus sebanyak 21 siswa (60%), berpengetahuan cukup 12 siswa (34,3%)dan berpengetahuan kurang sebanyak 2 siswa (5,7%).

Berdasarkan tingkat perilaku seksual remaja didapatkan perilaku yang menyimpang sebanyak 7 siswa (20%), dan Perilaku yang tidak menyimpang sebanyak 20 siswa (57,1%). Hasil uji x² hitung (7,693%)> x² tabel (5,991%) yang berarti Ha ditolak dan Ho diterima, yang berarti ada hubungan pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi remaja dengan perilaku seksual di SMA N 1 Gebog Kudus.

Kesimpulkan Berdasarkan hasil penelitian didapatkan adanya hubungan antara pengetahuan remaja dengan sikap perilaku seksual  remaja. Sehingga perlu diadakan upaya untuk memberikan penyuluhan. Bagi bidan di kabupaten kudus sebagai tenaga kesehatan agar lebih memperhatikan remaja yang berperilaku seksual menyimpang dengan memberikan penyuluhan terhadap remaja melalui bantuan Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR). Dan juga bekerjasama terhadap guru, orang tua, dan teman sebaya


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Muhammadiyah Kudus
Jl. Ganesha Raya No. 1 Purwosari Kudus 59316
Tel/ Fax +62-291-437218   Email : lppm@umku.ac.id

Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan Indexed by:

                  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.