TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN PASIEN TENTANG WAKTU TUNGGU DI POLIKLINIK ASY SYIFA KUDUS TAHUN 2008

Dewi Hartinah, anny Rosiana M, sri karyati

Abstract


Latar belakang : Pelayanan kesehatan merupakan suatu system yang komponen-komponennya saling berhubungan, berkaitan dan saling mempengaruhi dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.  Adapun pelayanan kesehatan di poliklinik ASY’SIFA mencakup pelayanan medis dan keperawatan yang dilengkapi dengan rawat inap 24 jam.

Kepuasan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja dan hasil yang dirasakan dengan harapan

Tujuan: penelitian ini adalah mengetahui tingkat kepuasan pasien tentang waktu tunggu di pelayanan poloklinik ASY SYIFA’.

Metode : Desain penelitian ini adalah dekskriptif dengan metode sampling adalah random  sampling. Jenis  data yang diolah adalah jenis data primer dan kuesioner.  Populasinya 94 orang. Sedangkan sampelnya sebanyak 77 orang.

Hasil : penelitian menyatakan bahwa sebagian besar pasien merasa puas terhadap waktu tunggu yang ada di Poliklinik Asy Syifa Kudus yaitu sebanyak 70 orang (90,09%), dan yang tidak puas sebanyak 7 orang (9,91%). Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan kepada semua pihak terutama Poliklinik ASY SYIFA’ untuk meningkatkan pelayanannya kepada pasien terutama tentang waktu tunggu di Poliklinik ASY SYIFA’.

Kesimpulan: Sebagian  besar pasien merasa puas terhadap waktu tunggu.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Muhammadiyah Kudus
Jl. Ganesha Raya No. 1 Purwosari Kudus 59316
Tel/ Fax +62-291-437218   Email : lppm@umku.ac.id

Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan Indexed by:

                  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.