LITERATURE REVIEW : PERAN KADER KESEHATAN JIWA DALAM MENANGANI GANGGUAN JIWA DI MASYARAKAT

Noor Chandiq Kurniawan, Muhammad Fatkhul Mubin, Amin Samiasih

Abstract


Literature review memiliki tujuan mereview dan membandingkan kesamaan beberapa hasil penelitian tentang peran kader kesehatan jiwa dalam menangani gangguan jiwa di masyakarat. Metode Literature review dengan pendekatan PRISMA dengan tahun terbit artikel 2018 sampai Juli 2022. Pencarian artikel selama Juli 2022 menggunakan Sciencedirect, Portal Garuda, Mendeley dan Google Schoolar untuk artikel dengan desain kuantitatif dan kualitatif. Hasil Dari keenam artikel menyatakan peran kader kesehatan jiwa diantaranya peran primer, sekunder dan tersier dalam menangani gangguan jiwa di masyarakat. Diskusi dan Kesimpulan: peran kader kesehatan jiwa dalam menanganai gangguan jiwa meliputi peran pencegahan primer yaitu melakukan identifikasi kelompok resiko, memberikan pendidikan dan memberikan motivasi. Peran kader kesehatan jiwa dalam program pencegahan sekunder meliputi deteksi dini dan sosialisasi. Peran kader kesehatan jiwa dalam program pencegahan tersier meliputi memotivasi untuk rutin berobat dan rutin kontrol.

Keywords


peran kader kesehatan jiwa, gangguan jiwa

Full Text:

PDF

References


Hasan, L. A., Pratiwi, A., & Sari, R. (2020). pengaruh pelatihan kader kesehatan jiwa dalam peningkatan pengetahuan, keterampilan, sikap, persepsi dan self efficacy kader kesehatan jiwa dalam merawat ODGJ. Jurnal Health Sains, 1, 8.

Iswanti, D., Lestari, S., & Hapsari, R. (2018). Peran Kader Kesehatan Jiwa Dalam Melakukan Penanganan Pasien Gangguan Jiwa. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa PPNI, 1, 6.

Jayanti, D. M., & Wati, N. (2019). Peningkatan kesehatan jiwa melalui peran kader kesehatan jiwa. DIFUSI, 2, 8.

Keliat, B., Akemat, & Helena, N. (2011). Keperawatan Kesehatan Jiwa Komunitas CMHN (Basic Course) . Jakarta: EGC.

Kemenkes, R. (2019). Stop stigma dan diskriminasi terhadap orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Nafiah, H., & Dzil, A. (2021). Hubungan pengetahuan dan peran kader kesehatan dalam penanganan gangguan jiwa di wilayah kerja puskesmas Kedungwuni II Kabupaten Pekalongan. Jurnal Perawat Indonesia, 5, 8.

Nasir, A., & Muhith, A. (2011). Dasar-dasar Keperawatan Jiwa. Jakarta: Salemba Medika.

O'Brian, P. G. (2013). Keperawatan Kesehatan Jiwa Psikiatrik : Teori & Praktik. Jakarta: EGC.

Pribadi, T., Indrayana, E., & Lelono, S. K. (2020). Retrospektif studi: Peranan kader kesehatan jiwa terkait kunjungan follow-up pasien gangguan jiwa ke Puskesmas. Holistik Jurnal Kesehatan, 14, 8.

Purnama, Yani, & Sutini. (2016). Gambaran Stigma Masyarakat Terhadap Klien Gangguan Jiwa Di Rw 09 Desa Cileles Sumedang. Jurnal pendidikan keperawatan Indonesia.

Sahriana. (2018). Peran Kader Kesehatan Jiwa dalam Program Kesehatan Jiwa Komunitas di Masyarakat. Surabaya: Universitas Airlangga.




DOI: https://doi.org/10.26751/jikk.v13i2.1535

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Muhammadiyah Kudus
Jl. Ganesha Raya No. 1 Purwosari Kudus 59316
Tel/ Fax +62-291-437218   Email : lppm@umku.ac.id

Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan Indexed by:

                  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.