TINGKAT PENGETAHUAN WANITA USIA SUBUR TENTANG KANKER LEHER RAHIM DI RW 7 DESA TROSO KECAMATAN PECANGAAN KABUPATEN JEPARA

Noor Cholifah

Abstract


Kanker leher rahim merupakan jenis kanker terbanyak kedua pada wanitadan menjadi penyebab lebih dari 250.000 kematian pada tahun 2009. Di Indonesia, kanker leher rahim menduduki peringkat pertama pada kasus kanker yang diderita oleh wanita dan merupakan penyebab kematian tertinggi akibat kanker pada wanita. Minimal 200.000 wanita meninggal karena penyakit tersebut. Penelitian ini secara umum bertujuan Mengetahui tingkat pengetahuan wanita usia subur (WUS) tentang kanker leher rahim di Puskesmas Pecangaan Jepara. Adapun Tujuan Khusus dari penelitian ini adalah Mengetahui karakteristik responden, pengertian kanker leher rahim, Mengetahui tingkat pengetahuan wanita usia subur tentang penyebab kanker leher rahim, kanker leher rahim, Penatalaksanaan kanker leher rahim. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif Populasi dalam penelitian ini adalah wanita usia subur pada bulan April yang bertempat tinggal di RW 7 Desa Troso kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara adalah 327 orang. Dalam pembuatan penelitian ini sampel yang di gunakan adalah wanita usia subur yang bertempat tinggal di RW 7 Desa Troso adalah 33 orang..

Hasil dari penelitian ini secara keseluruhan tentang tingkat pengetahuan wanita usia subur tentang kanker leher rahim di Desa Troso Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara adalah responden mempunyai tingkat pengetahuan tentang pengertian kanker leher rahim adalah tinggi dengan 27 responden (18,82%), responden mempunyai tingkat pengetahuan tentang penyebab kanker leher rahim adalah sedang dengan 19 responden (57,58%), responden mempunyai tingkat pengetahuan tentang keganasan kanker leher rahim adalah tinggi dengan responden 18 (54,55%), tingkat pengetahuan wanita usia subur tentang gejala kanker leher rahim adalah sedang dengan 27 responden (81,82%), tingkat pengetahuan wanita usia subur tentang deteksi dini kanker leher rahim adalah tinggi dengan 19 responden (57,58%), tingkat pengetahuan wanita usia subur tentang penatalaksanaan kanker leher rahim adalah tinggi dengan 22 responden (66,67%).

Kesimpulan. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwaTingkat pengetahuan wanita usia subur tentang kanker leher rahim di Desa Troso Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara adalah Sedang dengan 24 responden (72,7%).


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Muhammadiyah Kudus
Jl. Ganesha Raya No. 1 Purwosari Kudus 59316
Tel/ Fax +62-291-437218   Email : lppm@umku.ac.id

Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan Indexed by:

                  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.