HUBUNGAN ANTARA METODE PERSALINAN NORMAL DENGAN GANGGUAN BUANG AIR BESAR PADA MASA NIFAS DI BPM RATIJAH TELUK WETAN KECAMATAN WELAHAN KABUPATEN JEPARA

Diah Andriani Kusumawati, Islami Islami

Abstract


Masa Nifas atau puerperium adalah periode waktu dimana organ – organ reproduksi kembali  pada keadaan sebelum hamil dan memerlukan  waktu 6 minggu dari mulai bayi keluar. Metode persalinan normal merupakan  fisiologis keluarnya janin dari  jalan  lahir  (vagina) dan  setelah  itu  ibu  memasuki  tahapan - tahapan  masa nifas  (puerperium) dimulai setelah  kelahiran  plasenta dan berakhir  ketika alat-alat kandungan kembali seperti keadaan sebelum  hamil  berlangsung  selama kira-kira 6 minggu. Gangguan pada hari ke 2 – 3 diantaranya  adalah gangguan buang air besar (BAB) dalam  masa nifas pada umumnya adalah malnutrisi (muteh), di samping penyebab medis, faktor  usia, pendidikan  tingkat  pengetahuan sosial ekonomi, sosial budaya dan sikap ibu sehingga mengakibatkan proses involusi jadi terhambat.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan cross sectional yaitu variabel sebab (Independent Variabel) dan variabel akibat (Dependent Variabel) yang terjadi pada obyek penelitian di ukur atau dikumpulkan secara simultan atau dalam waktu bersamaan. ). Populasi dalam penelitian ini adalah ibu nifas yang berjumlah 30 ibu nifas.

Berdasarkan hasil uji chi square  r hitung (17,260) > chi square r tabel (5,991) dengan df: 2 dengan taraf signifikan 5% dan p value 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat hubungan antara metode persalinan normal dengan gangguan buang air besar pada masa nifas. Hubungan antara metode persalinan normal dengan gangguan BAB kuat, karena contingency coefficient  r Hitung > r  Tabel ( 0,604 > 0,5) .

         Tenaga kesehatan diharapkan dapat memberikan informasi atau konseling tentang masalah gangguan buang air besar pada masa nifas dan cara - cara untuk mengatasi masalah tersebut.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Muhammadiyah Kudus
Jl. Ganesha Raya No. 1 Purwosari Kudus 59316
Tel/ Fax +62-291-437218   Email : lppm@umku.ac.id

Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan Indexed by:

                  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.