POLA ASUH ORANGTUA, KEHARMONISAN KELUARGA DAN JENIS KELAMIN, PENGARUHNYA TERHADAP SIBLING RIVALRY PADA ANAK

Aulia Nur Laeli Achmadi, Nurul Hidayah, Triantoro Safaria

Abstract


Hubungan saudara kandung memiliki efek yang substansial, hubungan baik mendorong keharmonisan keluarga, sementara hubungan rusak berdampak negatif pada keluarga. Masalah psikologis yang sering terjadi adalah Sibling Rivalry. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orangtua, keharmonisan keluarga dan jenis kelamin terhadap sibling rivalry.

Jenis penelitian adalah Survey dengan sample survey design. Populasi penelitian adalah anak usia 10-12 tahun, dengan kriteria inklusi tertentu sejumlah 85 anak. Pengambilan sampel menggunakan teknik studi populasi. Instrumen yang digunakan meliputi : skala SR, skala Pola Asuh Orang Tua, Skala Perceived Family Harmony. Analisis data pengujian hipotesis mayor menggunakan Koefisien Determinasi, Uji F dan analisis Regresi Linier Berganda. Uji hipotesis minor dengan uji parsial atau Uji T.

Hasil uji model koefisien deteminasi menunjukkan nilai sebesar 0.302. Hasil Uji F ada pengaruh variabel bebas terhadap sibling rivalry dengan nilai probabilitas signifikansi 0,000. Hasil analisis regresi berganda didapatkan pola asuh orang tua ß= -0,285, keharmonisan keluarga ß= -0,405. Hasil uji parsial pola asuh orangtua memiliki nilai t :-2,868, keharmonisan keluarga memiliki nilai t :-4,072 dengan nilai probabilitas signifikan sebesar 0,000 α (0,05). Hasil Uji Beda (Uji-T) antara sibling rivalry pada anak laki – laki dan anak perempuan diperoleh nilai thitung = 9,881 > ttabel = 1,990 dengan p = 0.000 (p<0.05), ada perbedaan sibling rivalry signifikan dengan Mean = 55,74 pada perempuan lebih tinggi dibandingkan Mean = 42,65 pada laki – laki.

Orangtua harus mengambil langkah pencegahan terjadinya sibling rivalry dengan penerapan pola asuh yang sesuai, mencari informasi dan bantuan kesehatan tentang perkembangan psikologis anak sehingga sibling rivalry dapat teratasi

Keywords


sibling rivalry, anak, pola asuh orangtua, keharmonisan keluarga, jenis kelamin

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26751/jikk.v13i1.1293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Muhammadiyah Kudus
Jl. Ganesha Raya No. 1 Purwosari Kudus 59316
Tel/ Fax +62-291-437218   Email : lppm@umku.ac.id

Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan Indexed by:

                  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.