DUKUNGAN SPIRITUALITAS KELUARGA

Minarni Minarni, Milka Milka, Maria Srihartiningsih

Abstract


Latar Belakang: Coronavirus merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan. Pada manusia biasanya menyebabkan penyakit infeksi saluran pernapasan, mulai flu biasa hingga penyakit yang serius seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Sindrom Pernafasan Akut Berat//Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).  COVID-19 telah banyak menelan korban jiwa, banyak orang harus kehilangan orang-orang yang dikasihi akibat terkonfirmasi Covid-19. Kebutuhan spiritualitas pada pasien terkonfirmasi Covid-19 merupakan hal yang sangat penting karena dapat mempengaruhi proses penyembuhan dari penyakit yang dideritanya. Keluarga memiliki peran yang sangat strategis dalam memberikan dukungan bahkan sebagai  motivator yang baik untuk menjadi pusat pembentukan rohani antar anggota keluarga dalam membangun kebutuhan spiritualitas  bagi pasien terkonfirmasi Covid-19.

Tujuan:  Mengeksplorasi Dukungan Spiritualitas Keluarga Dalam Penyembuhan Pasien Terkonfirmasi Covid-19 Di Desa Pasti Jaya Bengkayang Kalimantan Barat.

Metode : Penelitian ini merupakan  penelitian deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Pengambilan sampel dengan purposive sampling.  Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 6 orang partisipan .

Hasil: Hasil penelitian ditemukan 3  tema: Takut, sedih dan khawatir,  Keluarga sebagai motivator dalam membangun kebutuhan spiritualitas pasien terkonfirmasi Covid-19,  Berdoa bersama, Membaca ayat Alkitab, membagi renungan Firman Tuhan. 

Kesimpulan: Keluarga merasa takut, sedih dan khawatir saat pertama kali mendapat  kabar bahwa salah satu anggota keluarga  dinyatakan positif Covid, Keluarga sebagai motivator dalam membangun kebutuhan spiritualitas pasien terkonfirmasi Covid-19, Ada dukungan spiritualitas Keluarga  terhadap penyembuhan pasien terkonfirmasi Covid-19 adalah dengan  berdoa bersama, membaca ayat Alkitab, membagi renungan Firman Tuhan secara online


Keywords


Dukungan Spiritualitas Keluarga, Penyembuhan, Pasien Terkonfirmasi Covid-19

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26751/jikk.v13i1.1221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Muhammadiyah Kudus
Jl. Ganesha Raya No. 1 Purwosari Kudus 59316
Tel/ Fax +62-291-437218   Email : lppm@umku.ac.id

Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan Indexed by:

                  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.