PENGARUH KONSELING TERHADAP PERSEPSI TENTANG KONTRASEPSI IMPLAN DI PUSTU LAWANGAN DAYA PADEMAWU PAMEKASAN

Yulia Paramita Rusady, Zulaikha Zulaikha

Abstract


Kontrasepsi merupakan metode untuk menghindari atau mencegah terjadinya kehamilan. Salah satu metode kontrasepsi efektif adalah implant. Berdasarkan hasil survey awal, pengguna implant hanya 2,5%. Hal itu dikarenakan kurangnya konseling dari bidan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh konseling terhadap persepsi tentang kontrasepsi implan di Puskesmas Pembantu Kelurahan Lawangan Daya Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan.

Desain penelitian ini bersifat survey analitik, berdasarkan waktunya menggunakan cross sectional. Sampelnya adalah sebagian WUS yang tidak mengunakan kontrasepsi sebanyak 279 orang menggunakan teknik sampling probability sampling tipe simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan cara pengisian kuesioner dan cheklist. Uji statistik yang digunakan adalah Chi-Square.

Berdasarkan tabulasi silang diketahui bahwa sebagian besar responden yang paham tentang kontrasepsi implant mempunyai persepsi positif yaitu sebanyak 140 responden (55,6 %). Berdasarkan uji statistik Chi-Square didapatkan nilai  ,  dk = 1, X2 hitung = 4,84 > X2 tabel = 3,841, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti terdapat pengaruh konseling terhadap persepsi tentang kontrasepsi implant di Puskesmas Pembantu Kelurahan Lawangan Daya Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. Maka di perlukan upaya dari petugas kesehatan untuk meningkatkan intensitas konseling/temu wicara dengan para WUS sebagai upaya promotif dalam pemakaian kontrasepsi implant.

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian.

Arum, D. N. S. (2019). Panduan Lengkap Pelayanan KB Terkini.

Berutu, D., & Yunifitri, A. (2021). Hubungan Sikap Akseptor KB Dengan Pemilihan Metode Kontrasepsi Implan Di Puskesmas Batu Aji Kota Batam. Zona Kebidanan: Program Studi Kebidanan Universitas Batam, 9(3).

Khairani, M. (2013). Psikologi umum. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Meliana, L. (2018). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu Dengan Pemilihan Kontrasepsi Implant Di Desa Ujung Batu I Padang Lawas Tahun 2018. Institut Kesehatan Helvetia.

Puspitaningsih, D. (2015). Persepsi Ibu Primipara Tentang Metoe KB IUD Di BPS Ny. Farida Yuliani Desa Gayaman Mojoanyar Mojokerto. Hospital Majapahit (JURNAL ILMIAH KESEHATAN POLITEKNIK KESEHATAN MAJAPAHIT MOJOKERTO), 7(2).

Saad, R. (2018). Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Penggunaan Alat Kontrasepsi Implant Di Puskesmas Batulappa Kab. Pinrang Tahun 2018. JIKI Jurnal Ilmiah Kesehatan IQRA, 6(1), 70–76.

Saifuddin, A. B., & Affandi, B. (2006). Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

Yuhedi, L. T., & Kurniawati, T. (2015). Buku Ajar Kependudukan & Pelayanan KB.




DOI: https://doi.org/10.26751/jikk.v12i2.1156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Muhammadiyah Kudus
Jl. Ganesha Raya No. 1 Purwosari Kudus 59316
Tel/ Fax +62-291-437218   Email : lppm@umku.ac.id

Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan Indexed by:

                  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.