HUBUNGAN TIPE KEPRIBADIAN DENGAN KECERDASAN SPIRITUAL PADA REMAJA DI SMP IT ASSA’IDIYYAH MEJOBO KUDUS

Umi Faridah Faridah, Indanah Indanah, Arnetta Putri

Abstract


 

Abstrak

WHO (2017) mendefinisikan remaja sebagai masa tumbuh kembang manusia setelah masa anak-anak dan sebelum masa dewasa dalam rentang usia 10-19 tahun. Menurut Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) rentang usia remaja adalah 10-24 tahun dan belum menikah. Berdasarkan data sensus penduduk 2011 sebanyak 43,5 juta (18%) penduduk di Indonesia ialah kelompok usia 10-19 tahun, sedangkan didunia diperkirakan kelompok remaja sebanyak 1,2 milyar (18%) dan jumlah penduduk didunia. (Depkes RI, 2014 ). Masa remaja merupakan periode terjadinya pertumbuhan dan perkembangan yang pesat baik secara fisik,psikologis maupun intelektual. Sifat khas remaja mempunyai rasa keingintahuan yang besar, menyukai petualang dan tantangan serta cenderung berani menanggung resiko atas perbuatannya tanpa didahului oleh pertimbangan yang matang. Apabila keputusan yang diambil dalam menghadapi konflik tidak tepat, mereka akan jatuh kedalam perilaku berisiko dan mungkin harus menanggung akibat jangka pendek dan jangka panjang dalam masalah kesehatan fisik dan psikososial (Depkes RI 2014 ). Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan metode cross sectional. Besarnya responden adalah 104 orang. Dalam analisa bivariat akan dilakukan uji yang diolah secara statistik menggunakan program komputer dengan uji statistic Chi Square. Ada hubungan tipe kepribadian dengan kecerdasan spiritual pada remaja di SMP IT Assa’idiyyah Mejobo Kudus Tahun 2021 dengan P value sebesar 0,001.

Kata Kunci: Tipe kepribadian, Kecerdasaan spiritual


Keywords


Tipe kepribadian, Kecerdasaan spiritual

Full Text:

PDF

References


Alwisol. (2017). Psikologi Kepribadian. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Aridhona, J. (2017). Hubungan Antara Kecerdasan Spiritual dan Kematangan Emosi dengan Penyesuaian Diri pada Remaja. Psikoislamedia Jurnal Psikologi, 2.

Hutaarmandau, K. A. (2018). Hubungan Antara Kecerdasan Spiritual dan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Skripsi Fakultas Piskologi . Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.skripsi fakultas psikologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

Ibrahim, M. Y. (2013). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak (Multiple Intelligences) : Mengidentifikasi dan Mengembangkan Multitalenta Anak. Jakarta: Kencana.

Ihsan, F. (2011). Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Renika Cipta.

Karo, M. B. (2013). Hubungan Kecerdasan Spiritual (SQ) Dengan Tipe Kepribadian Ekstrovert Pada Remaja siswa kelas X dan XI Di SMAN 1 Tambun Utara . Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Medistra Indonesia.

Notoatmodjo. (2018). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo.(2010).Promosi Kesehatan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta

Putro, K. Z. (2017). Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama, 25-32.

Rahmawati, F. (2016). Korelasi Kecerdasan Spiritual dengan Tipe Kepribadian Siswa Kelas I,II,dan III SDN Tegalsari Jetis Ponorogo Tahun 2015/2016. STAIN Ponorogo.

Sarwono, S. W. (2012). Psikologi Remaja. Jakarta: Raja Gravido persada.

Sejati, S. (2019). Perkembangan Spiritual Remaja dalam Perspektif Ahli. Jurnal Hawa.

Sodik, S. S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Swarjana, I. K. (2015). Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Tatang. (2016). Super Pendidikan . Bandung: Pustaka setia.

Utami, L. K. (2017). Hubungan Antara Tingkat Pendidikan dan Pola Asuh Orang Tua dengan Kecerdasan Soiritual Anak Sekolah Menengah Pertama Di Kecamatan Mengwi. Jurnal Penellitian Agama Hindu.

World Health Organization (WHO). (2017). Adolescent Death: global estimates. In: Organization WH, editor. Geneva: World Health Organization

Zulkifli, M. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Prestasi Belajar Aqidk Akhlak Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Kecamatan Suragala Kabupaten Lombok Timur. Tesis.




DOI: https://doi.org/10.26751/jikk.v12i2.1035

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Muhammadiyah Kudus
Jl. Ganesha Raya No. 1 Purwosari Kudus 59316
Tel/ Fax +62-291-437218   Email : lppm@umku.ac.id

Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan Indexed by:

                  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.